Bismillah…
Iklan adalah senjata terdepan dalam memberitahu orang lain tentang produk atau layanan Anda. Dalam beriklan di internet, iklan Anda bukan hanya harus dengan tepat mengkomunikasikan produk Anda, namun juga harus cepat dan mudah di mengerti.
Untuk membuat iklan di internet, ada 5 pertanyaan utama yang harus Anda jawab sebelum Anda menulis materi iklan apapun:
Pertanyaan Pertama: Apa Tujuan Iklan Anda?
Tujuan yang ingin Anda capai melalui iklan Anda. Beriklan di internet tanpa tujuan yang jelas selain akan menghabiskan dana Anda dengan cepat, juga akan menghabiskan waktu tanpa memberikan dampak yang jelas ke bisnis Anda.
Dalam beriklan di internet, tujuan Anda bisa saja mendatangkan traffic atau pengunjung, menambah jumlah audiens (seperti follower di Twitter, Fans di Facebook, jumlah teman di BBM atau LINE), meningkatkan penjualan, dan banyak lagi.
Pertanyaan Kedua: Apa Masalah Yang Dihadapi Calon Pembeli Dan Solusi Apa Yang Mereka Harapkan?
Sebagian besar proses penjualan, baik online maupun offline lahir untuk menyelesaikan satu atau lebih masalah. Tugas Anda adalah mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi oleh target pasar Anda.
Kebanyakan iklan menawarkan solusi atau benefit tanpa tahu masalah yang dihadapi oleh target pasarnya. Hal ini membuat benefit sebesar apapun tidak akan optimal.
Bayangkan Anda diberikan oleh dokter obat sakit pinggang saat Anda sakit kepala. Bukan obatnya yang tidak manjur, namun masalah pasiennya yang tidak tepat.
Ambil secarik kertas atau lebih baik lagi, gunakan Evernote. Tulis seluruh masalah yang menurut Anda sedang dihadapi oleh target pasar Anda sekarang. Anda boleh memulainya dengan serangkaian asumsi, nantinya asumsi-asumsi ini dapat Anda validasi melalui riset sederhana atau setelah iklan berjalan.
Setelah Anda mengetahui masalah yang dihadapi, Anda dapat menulis solusi yang Anda tawarkan dalam bentuk benefit-benefit dari produk Anda. Solusi adalah hasil yang diharapkan dari produk Anda.
Seringkali pembeli tidak mencari produknya, namun mencari solusi yang dihasilkan. Orang tidak membeli Bor tapi membeli lubang yang dihasilkan oleh bor tersebut.
Pertanyaan Ketiga: Kenapa Masalahnya Belum Selesai?
Apapun bisnis Anda saat ini, kemungkinan Anda sudah memiliki kompetitor, kalaupun belum, Anda akan segera memilikinya.
Pertanyaannya, kenapa belum ada yang berhasil menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh target pasar Anda? Jika pun sudah ada, bagaimana Anda bisa menyelesaikannya dengan lebih baik?
Apa kendala yang mereka hadapi? Apa ketidaknyamanan mereka untuk membeli jawaban dari masalah mereka?
Dengan mendeskripsikan secara mendetail jawaban dari pertanyaan kedua ini, Anda akan perlahan-lahan memahami apa kekuatan dan kelemahan bisnis Anda serta kompetitor Anda.
Pertanyaan Keempat: Kenapa Orang Lain Harus Membeli Produk Anda & Apa Yang Membuatnya Menjadi Berbeda?
Ini adalah pertanyaan dimana Anda benar-benar menjawabnya dengan produk atau layanan Anda.
Apa differensiasi bisnis Anda?
Dan, kenapa orang harus membeli dari Anda dan bukannya dari kompetitor?
Tulislah yang menurut Anda menjadi nilai jual dari produk Anda yang tidak akan ditemukan oleh target pasar Anda ditempat lain.
Pertanyaan Kelima: Apa Yang Harus Mereka Lakukan Selanjutnya Dan Bagaimana?
Setelah seluruh pertanyaan diatas terjawab. Selanjutnya adalah menutup penjualan dengan membawa calon pembeli Anda untuk bertransaksi.
Setelah melihat iklan Anda mereka harus apa? Menelepon? Mengisi formulir? Datang langsung ke toko Anda?
Apapun yang Anda ingin target pasar Anda lakukan, tuliskan dengan jelas. Disini Anda meletakkan detail-detail perusahaan Anda untuk transaksi.