# KREATIF MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS #
Sebelum memulai materi, sy mewakili pengurus PK wilayah Jawa Tengah mengucapkan Taqabballahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin. Jikalau dalam kepengurusan banyak kurangnya. Dan semoga kedepan kita bisa lebih baik lagi. Aamiin
Lanjut, ke materi yang model malam ini sharing aja yah. Soalnya, buat materi sepertinya di grup ini banyak yg lebih ahli. Dan kesempatan saat ini, sy berbagi seputar "kreatif menghadapi bisnis".
Kreatif dalam menghadapi kompetitor itu adalah kewajiban. Karena jika kita belum siap buat bersaing, kesempatan kita untuk gagal bakal lebih banyak.
Ibarat kata, karena ada kompetitor maka muncullah ide kreatif untuk bisa survive.
Yang harus di ingat pertama adalah bagaimana kita memandang kompetitor, karena sebenarnya kompetitor bukanlah musuh yang harus kita basmi.
Tapi mereka adalah
1. Penyemangat
Kenapa, karena ketika ada kompetitor, kita jadi punya pemicu untuk terus berpikir dan berusaha dalam berbisnis, nggak sekedar jualan dan sibuk akan masalah diri doang. Itu saya alami ketika dulu mencoba bisnis buka cafe di semarang. Karena kekurangan pengetahuannya, dulu saya gak bgitu memperhatikan kompetitor, jadi motivasi saya di bisnis pun kagak ada, dan akhirnya dengan mudahnya usaha tersebut gagal.
2. Acuan
Tidak ada yg salah belajar dr pengalaman para kompetitor, justru itu hal dasar yg bisa kita lakuin, disaat kita gak faham ilmu penentuan harga, kita bisa amati harga yg ada pda kompetitor, nah dr situ kita bsa naikkan atau turunkan tergantung dg pembeda dan produk kita, itu jg yg dulu awal aq lakuin di usaha carica
Tidak ada yg salah belajar dr pengalaman para kompetitor, justru itu hal dasar yg bisa kita lakuin, disaat kita gak faham ilmu penentuan harga, kita bisa amati harga yg ada pda kompetitor, nah dr situ kita bsa naikkan atau turunkan tergantung dg pembeda dan produk kita, itu jg yg dulu awal aq lakuin di usaha carica
3. Pengingat kita, bukan apa apa
Dengan melihat kompetitor, kita jadi lebih bisa merefleksi diri kita, bahasa gaulnya "aq mah apa atuh", ini bisa kita lihat misal di ajang kompetisi bisnis semacam WMM, ato wismilak entrepreneur atau sjenisnya. Ketika kita melihat saingan kita yg masih muda muda, tp mereka bisa sukses, kita pasti akan lebih mawas diri. Bahwa perjuangan kita belum apa apa
Dengan melihat kompetitor, kita jadi lebih bisa merefleksi diri kita, bahasa gaulnya "aq mah apa atuh", ini bisa kita lihat misal di ajang kompetisi bisnis semacam WMM, ato wismilak entrepreneur atau sjenisnya. Ketika kita melihat saingan kita yg masih muda muda, tp mereka bisa sukses, kita pasti akan lebih mawas diri. Bahwa perjuangan kita belum apa apa
4. Sumber kreatif
Dr bukan apa apa dibandingin kompetitor itulah akhirnya muncul kreativitas dr dalem buat ningkatin kinerja bisnis kita
Dr bukan apa apa dibandingin kompetitor itulah akhirnya muncul kreativitas dr dalem buat ningkatin kinerja bisnis kita
-Itu sdikit cara pandang tntg kompetitor, buat jadi juara, Terapin dalam mindset kita bahwa kompetitor itu bukan musuh yg ditakutin nggih lur.
-Nah trus bagaimana agar kita bsa lebih kreatif dlm berbisnis?Ada beberapa cara yg aq rangkum..yakni ;
1. Belajar dr kompetitor, intinya td dah ada yah diatas
2. Belajar dr industri lain, Nah ini salah satu trik aq buat ngelawan kompetitor. Disaat kita udah jenuh dan susah dapet ide kreatif dr kompetitor yg sejenis, maka kita bsa belajar dr para pengusaha lain yg dah jalan. Pernah ketika ktmu sales eskrim walls, sempet aq introgasi tentang strategi pemasaran mereka shingga bsa brkembang dg bgitu hebatnya. Prnah juga kenal sama marketing pabrik kue happy time, saking penasarannya dg perusahaan mereka, orangnya smpe tak suruh nginep di rumah q, dan aq introgasi smpai pagi loh..
3. Dari membaca buku
Buat yg ini, aq punya sdikit hobi untuk nyari buku2 tentang pengembangan diri, marketing, dan biografi org2 sukses,. Walau sering kali ketika ditanya orang tntg isi suatu buku, aq bahkan sampai lupa sama sekali isinya.
2. Belajar dr industri lain, Nah ini salah satu trik aq buat ngelawan kompetitor. Disaat kita udah jenuh dan susah dapet ide kreatif dr kompetitor yg sejenis, maka kita bsa belajar dr para pengusaha lain yg dah jalan. Pernah ketika ktmu sales eskrim walls, sempet aq introgasi tentang strategi pemasaran mereka shingga bsa brkembang dg bgitu hebatnya. Prnah juga kenal sama marketing pabrik kue happy time, saking penasarannya dg perusahaan mereka, orangnya smpe tak suruh nginep di rumah q, dan aq introgasi smpai pagi loh..
3. Dari membaca buku
Buat yg ini, aq punya sdikit hobi untuk nyari buku2 tentang pengembangan diri, marketing, dan biografi org2 sukses,. Walau sering kali ketika ditanya orang tntg isi suatu buku, aq bahkan sampai lupa sama sekali isinya.
4. Ikut seminar
Nah bagaimana kalau kita g suka baca buku, atau blm smpet,, ya dengan ikut seminar ini, ibarat kata, kita g perlu baca berpuluh2 buku, tp semua dah terangkum di situ dan disampaiin oleh pembicara dg gaya bahasa yg cantik (kalau pas kebetulan pembicaranya cantik)
Nah bagaimana kalau kita g suka baca buku, atau blm smpet,, ya dengan ikut seminar ini, ibarat kata, kita g perlu baca berpuluh2 buku, tp semua dah terangkum di situ dan disampaiin oleh pembicara dg gaya bahasa yg cantik (kalau pas kebetulan pembicaranya cantik)
5. Berpetualang
Berpikir kreatif identik dengan berpikir tidak normal dan biasa, cra lain dilakuin agar bsa itu adalah dg melakukan perjalanan yg g biasa, mbolang jg perlu agar bsa berpikir out of the book
Berpikir kreatif identik dengan berpikir tidak normal dan biasa, cra lain dilakuin agar bsa itu adalah dg melakukan perjalanan yg g biasa, mbolang jg perlu agar bsa berpikir out of the book
-Inget, bumi ini banyak orang biasa, tp bumi ini dikuasai oleh orang2 yang tidak biasa. Kreatif itu penting, apalagi buat kita yg hidup di dunia entrepreneurship yg penuh dengan kompetitor.
Oh ya sdkit crta tntg pengalaman kreatif dlm berbisnis yg prnah tak lakuin. Sbagai gambaran, di wonosobo ada 150 merk carica lebih di pasaran. Dan carica gemilang bisa dibilang adalah new comers di usaha ini. Tp alhamdulillah skrg di wonosobo carica gemilang menjadi produk paling laris se wonosobo.
Walau kalau dihitung kapasitas produksi belum terbanyak, karena ada kompetitor lain yg punya agen2 di luar kota yang lebih dulu lahir.. Jadi kita disini sebagai anak2 muda punya potensi yg bagus tentang bisnis loh,
-----------------------
Tsikap apa yang perlu dilakuin kalau capek mikir kreatif tp sebentar sj sudah banyak ditiru? Apa mending, sama ngikut nyontek juga?
-----------------------
Tsikap apa yang perlu dilakuin kalau capek mikir kreatif tp sebentar sj sudah banyak ditiru? Apa mending, sama ngikut nyontek juga?
JTenang ya, kreatif itu ga akan mati kog. Entah mereka mau tiru semua produk kita tapi kan yang punya otak ini cuman seorang aja. Jadi, tidak perlu cemas, bisnis memang melelahkan kalau ga lelah mikir apalagi kita sebagai leader mesti entar kita orang yang paling capek. Tapi bagaimanapun itu, wajib strong. Itulah nikmat berbisnis.
Dan itu pernah sy alami sendiri, dulu kemasan kecil ga ada akhirnya setelah carica gemilang bikin kemasan 120ml dan laku keras dipasaran, akhirnya kompetitor pun ikut semua bikin kemasan cup kecil. Bahkan kemasan pun pernah dijiplak konsepnya hanya ganti warna dan tulisan doank.
Dan apakah itu melelahkan? Emang iya, tp kan stidaknya kita dah bsa jadi pionner dan orang tau itu.
Kaya misalnya air mineral aqua, saking ramenya trnyata air putih laku, akhirnya menjamur deh semua bikin air putih dalam kemasan. Tp aqua dah punya branding dulu yg kuat di konsumen.smpe bnyk org bilang Pokoke kalau g aqua, aq g jadi minum aja deh.
Kaya misalnya air mineral aqua, saking ramenya trnyata air putih laku, akhirnya menjamur deh semua bikin air putih dalam kemasan. Tp aqua dah punya branding dulu yg kuat di konsumen.smpe bnyk org bilang Pokoke kalau g aqua, aq g jadi minum aja deh.
TMas alfha, mau tanya. Kan waktu itu pas mas alfha ke kost ku kalo ga salah cerita yang pas buka cafe itu bermitra ya sama temennya. Kira" enakan usaha sendiri apa bermitra? Terus menurut mas alfha dengan bermitra itu apakah akan memberikan manfaat yang lebih besar lagi dengan usaha kita tersebut?
J Pake mitra itu bagus, yg penting slalu jelas visi dan pembagian tugasnya mas joe, yg agak susah tuh biasanya bikin visi itu biar ttp ngejalani bareng2 apakah ttp bisa ato nggak.. Soalnya kaya di kasus q, kami bikin bertiga smua basic 0 tntg bisnis, dan pembagian tugas nya kurang cakep, akhirnya ktika ktmu preman di jalan pada bingung, ini siapa yg mau nglawan, siapa yg nyerang bagian mana, dan malah pada kabur deh...
J Pake mitra itu bagus, yg penting slalu jelas visi dan pembagian tugasnya mas joe, yg agak susah tuh biasanya bikin visi itu biar ttp ngejalani bareng2 apakah ttp bisa ato nggak.. Soalnya kaya di kasus q, kami bikin bertiga smua basic 0 tntg bisnis, dan pembagian tugas nya kurang cakep, akhirnya ktika ktmu preman di jalan pada bingung, ini siapa yg mau nglawan, siapa yg nyerang bagian mana, dan malah pada kabur deh...
Tkenapa memilih carica, trus nyakin dengan usaha tersebuat sampai bisa sebesar ini. Dan gimana cara hilangin jenuh pada 1 hal yg sama dgn rentang waktu lama?
JKenapa carica: karena dia begitu seger, manis, lezat dan ngangeni..
JKenapa carica: karena dia begitu seger, manis, lezat dan ngangeni..
Hehehe, kagak jg sih, aq seneng carica, dan aq trnyata cocok sama dia, sesimple itu deh kalau namanya jodoh.
Biar g jenuh, kita kudu upgrade trus visi nya, misal mbak aiu bikin coklat, harus kembangin dong 2 bulan lg coklat q bsa dimakan artis, 4 bulan lg karyawannya smpe 10 orang, 12 bulan lagi ada iklan coklat aiu di tivi.
Insyaa Allah kalau kita terus upgrade visi kita, kita akan slalu punya semangat buat gerak dan berkembang, dan tentunya g jenuh dg aktivitas yg sama, mosok kerjaan bikin coklat sndiri, sama ketika berkembang dah punya 100 karyawan masih sama mulu cuman ngoven coklat. Kan g mungkin
TTerkait tips kedua agar lbh kreatif dlm berbisnis dikatakan bang Alfha bhw kita perlu juga belajar dr industri lain, klu diliat dr ceritanya yg sampe maksa tdr bareng (satu atap) sm marketing roti kayanya yg dicari adalah meniru dlm hal strategi pemasarannya ya? Bgmn klu meniru ttg produknya, perlu jg kah? Mohon penjelasannya.
Kemudian share dong strategi pemasaran yg bang Alfha dapet dr ngintrogasi marketing2 tsb.
JProduk itu cmn salah satu bagian dri branding dan terkadang ada org yg bikin produk sama persis dengan kita, atau sbaliknya, kita yg niru persis produk orang.
Kemudian share dong strategi pemasaran yg bang Alfha dapet dr ngintrogasi marketing2 tsb.
JProduk itu cmn salah satu bagian dri branding dan terkadang ada org yg bikin produk sama persis dengan kita, atau sbaliknya, kita yg niru persis produk orang.
Tp jangan lupa jg, slain produk ada hal yg perlu kita pikirkan, salah satunya strategi pemasaran.
Bayangkan, di sebuah pasar, orang jual jambu dari petani yg sama persis, tp kq bisa penjualannya berbeda?
Pun trrjadi di carica. Semirip apapun produk ttp aja ada pembeda disitu.
Bahasa gaulnya "pembeda abadi"
Bayangkan, di sebuah pasar, orang jual jambu dari petani yg sama persis, tp kq bisa penjualannya berbeda?
Pun trrjadi di carica. Semirip apapun produk ttp aja ada pembeda disitu.
Bahasa gaulnya "pembeda abadi"
T Bagaimana dgn persaingan harga?
JIya yah, di solo terkenal dg apa-apa murah.
JIya yah, di solo terkenal dg apa-apa murah.
Tp tenang aja, kita tinggal pinter2 cr segmen kq.agar g ikut2an capek berkompetitif lewat harga. Misal nya mas setyawan tuh, jual batik dah gak di PGS, atau SGM, tp langsung online dan punya target luar negeri
TDishare dong hasil ngintrogasi marketing2 tsb, mungkin saja ada ilmu marketing kreatif mrk yg bs diterapkan utk pengembangan pemasaran produk kita yg blm kita ketahui..?
JWah, itu pembahasan lebih dalam intinya, tiap perusahaan biasanya punya strategi sndiri untuk efektivitas pemasaran dan distribusi, kaya punya happy time itu, mereka ckup naruh 1 marketing, untuk pegang area 3-5 kota, dan seorang marketing pumya target penjualan, g tanggung2, hnya dg gaji total seorang Rp. 3.000.000, dia bisa nyari pasar dengan target 500.000.000 - 1M.. Sangar g tuh. Palagi punya 10 marketing di 10 rayon kota, dah omset brapa tuh.
JWah, itu pembahasan lebih dalam intinya, tiap perusahaan biasanya punya strategi sndiri untuk efektivitas pemasaran dan distribusi, kaya punya happy time itu, mereka ckup naruh 1 marketing, untuk pegang area 3-5 kota, dan seorang marketing pumya target penjualan, g tanggung2, hnya dg gaji total seorang Rp. 3.000.000, dia bisa nyari pasar dengan target 500.000.000 - 1M.. Sangar g tuh. Palagi punya 10 marketing di 10 rayon kota, dah omset brapa tuh.
T Bagaimana kalau justru mitra kita itu sudah memiliki bisnis sendiri? Seperti contoh mitra saya sekarang bergerak di bidang makanan, tapi juga ingin bergerak di bidang fashion. Apakah baik kita memilih mitra yang sudah memiliki bisnis lain dan blom bisa di autopilot.
JKlo blm autopilot, bisnis itu ttp bisa dijalankan kq. Cmn ya itu, cmn bsa jalan, susah buat berlari. , krna butuh orang luar biasa buat bisa adil untuk bisa poligami. Kalau kamu blm bsa adil, maka janganlah di madu.
JKlo blm autopilot, bisnis itu ttp bisa dijalankan kq. Cmn ya itu, cmn bsa jalan, susah buat berlari. , krna butuh orang luar biasa buat bisa adil untuk bisa poligami. Kalau kamu blm bsa adil, maka janganlah di madu.
Ini sudut pandang sy yak..
TProduk khan ada musim2 ya. Kadang pengen ikutan jual sesuai musim, tp bukannya klo mau maju harus fokus ya?Nah, gmn tu? Kadang bingung juga, pengen ikut jualan yg lg musim
JHihihi, jualan musiman jg bisa ttp fokus kq. Semisal orang property. Biasane ngikutin bgt tuh musim, akhir tahun musimnya cri proyekan pemerintah, awal tahun bangun rumah, kuartal pertama jualan tanah. Penjual buah jg, disaat skrg lg hebohnya nyari jeruk, kemarin nyari duku di purbalingga, tp dia ttp masih fokus jualan buah tuh
JHihihi, jualan musiman jg bisa ttp fokus kq. Semisal orang property. Biasane ngikutin bgt tuh musim, akhir tahun musimnya cri proyekan pemerintah, awal tahun bangun rumah, kuartal pertama jualan tanah. Penjual buah jg, disaat skrg lg hebohnya nyari jeruk, kemarin nyari duku di purbalingga, tp dia ttp masih fokus jualan buah tuh
Eh, kq pembahasannya melenceng dr materi yah.
Kan lg g bahas the power of fokus.. dilanjutkan nanti japri aja gmn lbh dalamnya
Kan lg g bahas the power of fokus.. dilanjutkan nanti japri aja gmn lbh dalamnya
Tmas alfa pasti nglayani reseller kan? Gimana tuh cara kasih harga ke reseller yg ga bikin kita rugi? Sdikit cerita nih. kebanyakan reseller coklat ku itu temen2 deket. kadang ga tega kalo udah diminta diskon atau bonus coklat pasti aku kasih tp endingnya laba ga jelas
J Bikin bbrpa harga aja
1. Harga teman
2. Harga paket + bonus2nya
3. Harga normal
J Bikin bbrpa harga aja
1. Harga teman
2. Harga paket + bonus2nya
3. Harga normal
Jadi tawarin tuh harga sblm mereka minta bonus.
T Semua pelangganku itu teman. katanya kalo bangun usaha hrs bangun integritas, bikin pelanggan percaya sama kita bikin dia nyantol sama produk kita. Alhasil beginilah, ga tega kasih harga kejam. Nah bagaimana?
J Wah, walau teman harus dibedain, tp klo jualannya kaya anda, brarti kudu bikin paket plus bonus, klo ambil dah ssuai target, dpet bonus produk tambahan.
Atau pakai strategi lain, luasin pasarnya, yg bukan skdar temen. Nah entar ktika omset nya naik, bsa kasih bonus lebih nya buat tmen dekat.
J Wah, walau teman harus dibedain, tp klo jualannya kaya anda, brarti kudu bikin paket plus bonus, klo ambil dah ssuai target, dpet bonus produk tambahan.
Atau pakai strategi lain, luasin pasarnya, yg bukan skdar temen. Nah entar ktika omset nya naik, bsa kasih bonus lebih nya buat tmen dekat.