RD_RESUME DADAKAN
Bersama Setyawan
TEKNIK MARKETING 3 BAKSO
Disini sy akan berbagi alias sharing seputar perbandingan teknik marketing 3 warung bakso.
Bersama Setyawan
TEKNIK MARKETING 3 BAKSO
Disini sy akan berbagi alias sharing seputar perbandingan teknik marketing 3 warung bakso.
Di Solo itu ada 3 Warung Bakso yg saling berkompetisi namun pada akhirnya ada 1 warung yg mlipir karena kalah pangsa pasar. 3 Warung Bakso itu namane Alex, Bambang, karo Manahan. Anggap saja seperti itu. Dulu pada awalna 3 warung ini teknik jualan hanya dipinggir jalan untuk survey pasar atas kualitas baksonya.
Place nya pada awalna sama,, ke-3 nya itu sama2 survey minat pasar akan bakso mereka buat masing2. Tentunya dari ke-3 ini punya teknik marketing masing2.
1. si Alex, ketika menjual bakso nya dia pnya slogan No Borax, No Pengawet, Halalan Thoyiban.. dengan selalu menunjukkan dia punya dokumen uji lab di setiap warung nya walaupun kala itu warungnya sekelas kaki lima di daerah Timuran,Solo.
2. Si Bambang, ketika menjual bakso nya dia jga pnya slogan Bakso itu 10 Kg daging sapi, 0.5 Kg Tepung plus Tengkleng na buat survey minat pasar atas kualitas bakso nya.
2. Si Bambang, ketika menjual bakso nya dia jga pnya slogan Bakso itu 10 Kg daging sapi, 0.5 Kg Tepung plus Tengkleng na buat survey minat pasar atas kualitas bakso nya.
3. Si Manahan ini,, ini paling hik class... Dia jual bakso yg paling sederhana bisa di bilang bakso nya yg dia jual itu sekelas bakso ojek, hanya tempat dia jualan itu strategis banged di pinggiran manahan yg notabene banyak org lalu lalang beli bakso
Dari ketiga nya itu kalo soal rasa hampir2 mirip . Rasanya bakso yo ngono kae toh ora pati bedo2 banged.
nah sekarang bicara soal price nya,, Si Alex ini satu mangkok bakso na ada 5, Lengkap lah dari urat,alus dll harga 15 Rb tempat pinggir jalan sama strategisnya karo Manahan.. Si Bambang ini jualan nya di pinggir kota ( Tipes,Solo ) dengan harga super yahud minimal Bakso dengan 10 Kg daging 0.5 Kg tepung +Tengklengna dijual 18 Rb per mangkuk nya.. Sedangkan si Manahan, jual bakso dia paling sederhana konten na bak bakso ojek grobagan dia jual 11 Rb per mangkuknya...
setelah 5 tahun usaha mereka berjalan,, apa tanggapan pasar akan produk mereka? ( Real )
Ternyata si Alex meraih peringkat 1 di hati pelanggan nya,, terus si Manahan meraih peringkat 2, dan yang harus terlempar dari papan persaingan per-bakso-an di Solo adalah si Bambang.
Si Alex ni melejit dalam 5 tahun usaha bakso nya hingga kini mungkin udh 6 cabang dibuka di wilayah kota solo,, dengan mengedepankan kualitas rasa, dan kehigienisan produk mereka yg setiap kali ada di cabangna itu hasil2 uji laboratorium terbaru dari produk bakso yg mereka hasilkan meliputi uji higienis, no borax, no pengawet.
Si Manahan menempati posisi ke dua karena segmentasi pasar mereka pas dilidah kalangan menengah ke bawah like cabe-cabean yg lagi kongkow disekitar manahan yg budget dia sekali mangkal mungkin tak lebih dari 15 Rb, dan beberapa org yg lalu lalang disitu yg kondisi na memang pengin mbakso dengan harga murah, enak, tpi higienis bukan menjadi prioritas
Tapi sayang si Manahan ini Bakul sejati, di saat pelanggan na banyak, dia tak berpikiran sekalipun untuk buka cabang kedua .. Dia hanya berharap warung satu2 nya itu jadi pijakan rezeki nya mengalir walau rasa kekhawatiran diusir satpol PP selalu menghantui karena dia berada posisi yg memang tidak boleh untuk jualan..terus gmana nasib si Bambang?
Hayo.. ada yang bisa jawab? Apakah setelah dia terlempar dari persaingan per-bakso-an dia lantas bangkrut atau menyerah kah? kiro2 ada yang bisa menebak?
sedikit hint,, Warung yg disewa si Bambang akhirna jga di take over sama si Alex jga looh..
Kemana pindah nya si Bambang dan bagaimana kelanjutan nasibnya?
Kalahnya persaingan bakso si Bambang di wilayah Kota,, tidak membuatnya murung
Justru si Bambang dengan gegap gempita di tengah kekalahan persaingan bakso na di wilayah kota, dia pun coba mengganti Place dia jualan yg nggak lagi di kota tapi di pinggiran kota
Si Bambang ini membangun beberapa warung yang berada di pinggir Jalan Raya Nasiona Jogja Solo ini justru ada 4 cabang.
Target Market yg dicari si Bambang ini unik, dia tak lagi cari target market para akamsi ( anak kampung sini ), cabe-cabean, ataupun eksmod. Tapi dia cari target market para pelancong yg notabene banyak uang, pengin cari makanan "mahal" enak tapi khas. Kan di awal cerita si Bambang ini pnya marketing andalan na, Bakso itu 10 Kg daging 0.5 Tepung plus tengklengnya
Apa yg terlintas dalam benak2 pelancong ketika liat suatu baliho besar kala itu ada di depan objek wisata Prambanan dimana plang promosi si bambang ini berada.
Yang pertama, Warung si Bambang ini dominasi berada di kiri jalan yg berarti warung itu berada di jalan yg mengarah ke Solo...
Lalu apa yg berada di pikiran pelancong kalo mendengar kata Solo apalagi kalo dia pengin wisata kuliner??
lha si Bambang ini pinter teknik marketing na kan, Jadi orang makan bakso bisa sekalian ngrasain yg namana Tengkleng
lha si Bambang ini pinter teknik marketing na kan, Jadi orang makan bakso bisa sekalian ngrasain yg namana Tengkleng
Based on my experience, rata2 org pesen bakso si Bambang itu kebanyakan SoKleng alias Bakso Tengkleng plus Es Teler na... Selain teknik marketing bakso itu 10 kg daging 0.5 kg tepung, dia pnya teknik marketingna itu kalo yg makan SoKleng itu kurang lengkap kalo nggak pake es teler
si Bambang ini jual es teler jga tpi hargana selisih 500 lebih murah dari yg lain.. coba bayangkan , orang makan bakso panas2 siang hari apa meneh pas plesir, enake makan bakso ya karo nge-es teler
Si Alex dan Si manahan tadi menu minuman andalan na cuman Es Teh dan Es Jeruk aja.
Jadi intine,, Yen meh usaha kuliner itu, arepo pye2.. Higienitas/Kebersihan, Uji halal, Sertifikasi DEPKES/BPOM itu suatu keharusan.