Promosi yang efektif untuk produk Saya gimana ya kang? Hmm… Saya rasa, orang-orang sekarang banyak yang terlalu fokus pada PROMOSI nya saja, tanpa memperhatikan kualitas produknya, harga yang ditetapkan, lokasi jualannya, service yang diberikan, dan tetek bengeknya.
Tapi tak apa, nggak masalah… Saya coba menjawabnya disini. Kalau memang promosinya ingin efektif, sebelum mikirin jauh soal teknis promonya, coba pikirkan dulu mengenai MARKETNYA. Karena sebagus apapun penawaran dan promosinya, kalau si Marketnya nggak punya duit, tetep aja nggak akan closing. capek deh…
Lantas, apa yang harus dilakukan? Pertama, bedakan antara Target Market, Market Potensial, Konsumen, Buyer, dan Customer. Nah, lho… Tahu bedanya?
– Target Market: orang2 dengan kriteria tertentu dan spesifik yang kita bidik saat melakukan promosi. Target Market akan menentukan Media Promosi apa yang kita gunakan. Gunakan media promosi yang terakses dengan target market langsung. Misal: klo target marketnya ibu2 generasi tua, ya jangan jualan pake Instagram, Twitter, atau Facebook. Mana ngerti? nggak konek… dst
– Market Potensial: orang2 yang udah mulai tertarik dengan produk kita. Cirinya, mereka suka kepoin produk kita, tanya2, atau bahkan sampai rela memberikan databasenya ke kita, entah itu email, no HP, pin BB, dan lain2. Inilah sebenarnya tambang duit yang gede. Kalau udah punya database mereka dengan jumlah yang bejibun, promosinya gampang banget. Saya pribadi sering mengalaminya. Closing ratusan juta rupiah hanya hitungan jam, menggerakkan masa dalam hitungan menit, dan tembus milyaran dalam hitungan bulan. Caranya? kumpulkan market potensialnya. Dimana? di BB (jumlah pin), SMS (no HP), list building (email), FB (member grup), dll banyak banget…
– Konsumen: yang pakai produk kita. Buyer: yang beli produk kita. Bedanya? Buyer yang ngeluarin duit, Konsumen belum tentu. Misal: bisnis bimbel, buyernya: orang tua. konsumennya: anak2. bisnis makanan anjing, buyernya: yang punya anjing. konsumennya: anjing. Paham..?
– Customer: yang beli produk kita berkali-kali (minimal 2x, udah repeat order). Kalau udah punya database ini, lebih gurih! Karena mereka udah ada minat ke produk kita. Lakukan strategi2 untuk memberdayakan Existing Customer (customer lama) tanpa harus keluar biaya. Caranya? tunggu postingan saya berikutnya aja deh…
Kedua, kalau udah nentukan Marketnya, poles penawaran dan kata2 dengan ciamik. Skill Copywriting diperlukan disini. KLIK >> “CARA GAMPANG BUAT IKLAN YANG MENGHASILKAN BANYAK PELANGGAN”
Terakhir… Promosi yang efektif adalah promosi yang TERBUKTI MENGHASILKAN! Cara tahunya? ya dicoba…. Lakukan tes dan ukur setiap keputusan promosi kita. Yang udah jelas menghasilkan, GULUNG… yang nggak menghasilkan, TINGGALKAN… Jelas ya... Kalau kurang jelas cari ntahu lanjutannya dibawah ini ...
27 Juni 2016
Sumber Duit
By
Ustad Rudi
On
20.24
Langganan:
Posting Komentar (Atom)